Rabu, 05 November 2014

MENGAPA HARUS MEMILIKI KEPEDULIAN SOSIAL?



Kepedulian sosial adalah sebuah minat atau rasa ketertarikan dimana kita ingin bisa membantu dan menolong orang lain. Di samping itu kepedulian sosial juga dapat dikatakan sebagai sikap memperhatikan kondisi orang lain. Kepedulian sosial memanglah suatu nilai penting yang harus dimiliki seseorang karena kepedulian berkaitan erat dengan nilai kejujuran, kasih sayang, kerendahan hati, keramahan serta kebaikan. Dimana beberapa hal tersebut sangatlah dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk memiliki sikap kepedulian sosial memang lah sulit dan dibutuhkan tingkat kematangan tertentu untuk benar-benar bisa memilikinya. Suatu tingkat dimana seseorang itu dapat benar-benar memiliki kepedulian sosial, dan dapat mengaplikasikannya terhadap orang lain. Dapat dilihat dari kodratnya seorang manusia diciptakan Tuhan untuk hidup sebagai makhluk sosial, yang  berarti setiap manusia dapat melakukan interaksi dengan orang lain. Sebuah interaksi dilakukan ketika masing-masing individunya memiliki kepedulian untuk saling mengerti satu sama lain dengan apa yang mereka komunikasikan, sehingga dari pengertian diatas menjelaskan bahwa kepedulian sosial sangatlah dibutuhkan dalam melakukan interaksi terhadap orang lain. Agar kita dapat senantiasa mengerti dan memahami apa yang dirasakan seseorang dan dapat membantunya sesuai dengan apa yang ia butuhkan.
Rasa peduli dan sikap kepedulian seseorang dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang ada di sekitarnya, dan kondisi lingkungan terdekat lah yang sangat mempengaruhi tingkat kepedulian yang dimiliki seseorang. Lingkungan terdekat itu adalah keluarga, teman-teman, dan lingkungan tempat kita hidup dan tumbuh besar. Karena merekalah kita dapat belajar banyak hal dan mendapat nilai-nilai tentang kepedulian sosial yang harus ada dalam diri kita. Nilai-nilai yang tertanam dari apa yang kita dapatkan itulah yang nantinya akan menjadi suara hati kita dan mendorong kita untuk selalu membantu dan menjaga sesama. Dan faktor paling utama adalah dari lingkungan keluarga yang sangat berpengaruh besar untuk tingkat kepedulian sosial yang nantinya kita miliki. Bagaimana cara kedua orang tua mengajarkan anaknya untuk memiliki jiwa peduli, yang nantinya akan menjadikan seorang anak tersebut memiliki nilai kepedulian sosial yang tinggi.
Aplikasi dari sikap peduli sosial sangat mudah dan dapat dilakukan setiap saat, misalnya senyum kepada orang lain hingga orang lain merasa nyaman adalah contoh perbuatan peduli sosial. Sikap peduli sosial dapat pula dilakukan tanpa orang lain mengetahuinya. Seperti contohnya adalah kepedulian sosial melalui doa, seseorang yang mendoakan orang-orang disekitarnya agar diberikan keselamatan, kesehatan dan murah rezeki tindakan tersebut sudah termasuk kedalam kepedulian sosial terhadap orang lain.
Contoh lain adalah seorang perawat yang menyapa pasien dengan lemah lembut penuh kasih sayang adalah peduli sosial, karena mungkin hanya dengan perhatian seperti itu perawat telah membantu mengobati pasien. Serta sikap caring yang diberikan perawat kepada pasiennya hal tersebut juga termasuk kedalam kepedulian sosial. Serta dapat dilihat dari komponen peduli itu sendiri yang terdiri dari kenyamanan, dukungan, perhatian, kasih sayang, empati, sentuhan, perlindungan, pengamatan, bantuan personal, kehadiran, kelembutan hati, kepercayaan, intruksi dan bantuan langsung. Perawat dalam menjalankan profesinya juga mengedepankan komponen-komponen tersebut sehingga apa yang dilakukan perawat adalah wujud dari kepedulian sosial.
Dari pengertian dan contoh kepedulian sosial diatas maka dapat diketahui dampak positif memiliki kepedulian sosial. Diantaranya adalah menumbuhkan kerukunan dan kebersamaan, terjadinya hubungan batin yang akrab, terjadinya pemerataan kesejahteraan, menghilangkan jurang pemisah antara si miskin dan sikaya, menciptakan kondisi masyarakat yang kuat dan harmonis, serta menghilangkan rasa dengki dan dendam. Kepedulian sosial dapat menghilangkan jurang pemisah antara si miskin dan si kaya karena kedua hal tersebut dipandang sama. Bukan hanya orang kaya yang dapat membantu orang miskin namun orang miskin pun dapat membantu orang-orang yang memerlukan bantuan mereka. Serta dapat menghilangkan rasa dengki dan dendam karena dari kepedulian sosial seseorang dapat mengerti dan memahami keadaan orang lain dengan sebenar-benarnya.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar